Apa sih sebenarnya "meme" itu?



Kita sering melihatnya di internet gambar-gambar dengan konten tulisan yang lucu-lucu dan bikin tertawa ngakak ketika melihatnya. Situs seperti 9GAG bahkan penuh dengan konten-konten meme.

Nah apakah meme itu adalah gambar-gambar dengan tulisan-tulisan bermakna lucu yang tersebar di internet?


Kata “meme” pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli biologi terkemuka, Richard Dawkins pada tahun 1976. Kata “meme berasal dari bahasa Yunani “mimema” yang berarti “sesuatu yang ditiru.” Richard Dawkins menyebut bahwa “meme” tersebut adalah suatu budaya dimana orang-orang menyebarluaskan suatu kejadian atau gagasan sosial dan budaya secara mulut ke mulut.

Jaman sebelum internet sekencang sekarang (dulu di Indonesia pertengahan jaman 2000an, ngedownload dengan speed 5kbps sudah bersyukur sekali!), meme tersebar melalui media tembok dan tulisan-tulisan bebas di berbagai area. Salah satu yang cukup terkenal adalah meme dengan frase “Andre the Giant Has a Posse.” (terjemahan: Si Raksasa Andre punya geng) Ya, yang tahu produk-produk clothing dari OBEY sudah pasti tidak asing lagi dengan “Andre the Giant” dengan tampang wajah yang cukup intimidatif. Andre the Giant sendiri adalah orang asli yang terkenal pada era 80an sebagai pemain gulat WWF dengan badan yang sangat besar (makanya dibilang “giant” atau raksasa). Adalah dua mahasiswa dari Rhode Island School of Design yang bernama Shepard Fiarey dan Ryan Lesser yang pertama kali memulai meme tersebut. Mereka awalnya membuat itu sebagai bahan belajar mereka tentang gambar teknik stencil. Kemudian mereka mulai memasang gambar-gambar itu di sekitaran Rhode Island. Di tahun 1994, gambar tersebut mulai sangat populer dan menarik banyak orang dan stiker-stiker bergambar sama terpajang di berbagai komunitas seperti skateboarder. Begitu populernya sampai pihak hukum pun mengklaim bahwa nama Andre the Giant itu memiliki hak cipta. Sejak itu Shepard Fairey mulai menghentikan produksi stiker Andre the Giant-nya, namun hal itu tidak bisa menghentikan popularitas “Andre the Giant has a posse” yang sampai kini masih cukup terkenal.

Namun terjadi pergeseran makna ketika “meme” masuk ke dunia internet yang sangat maju. Secara sekilas meme memang memiliki fungsi yang sama yakni menyebarluaskan informasi atau gagasan ke publik, namun sekarang meme lebih dipandang sebagai penyebarluasan hal-hal lucu dan unik dan tidak jarang bermakna satir tentang isu-isu di sekitar. Tidak jarang pula meme hanyalah hiburan singkat semata, terkadang tidak memiliki makna yang signifikan dan terkesan iseng-seng saja.
Previous Post Next Post