Cara Mendesain Tabel dengan Adobe InDesign


Pada tutorial ini, kita akan membuat tabel di Adobe InDesign dengan sedikit kreasi yang elegan dan minimalis. Mari simak caranya pada tutorial berikut ini. 

Langkah 1

Kita akan membuat tabel dengan data yang disalin dariwebsite ini. Kamu bisa download versi Microsoft Word-nya yang sudah saya siapkan sebelumnya. Download disini.

Langkah 2

Buatlah dokumen baru di InDesign dengan ukuran A4. Klik OK.

Langkah 3 

Kita akan memindahkan tabel dari Microsoft Word ke Adobe InDesign. Klik File dan pilih Place (Ctrl+D).


Cari file tabel yang akan kita gunakan. Setelah itu kursor akan berubah menjadi tulisan-tulisan kecil. Langsung klik saja pada dokumen untuk memindahkan data tabel.

Langkah 4

Agar tulisan terkesan lebih modern dan elegan, ubahlah semua tulisan dari font Calibri menjadi Open Sans. Kamu bisa download file font-nya secara gratis disini. Kemudian klik Type Tool (T) dan seleksi tulisan pada tabel secara keseluruhan kemudian pilih font Open Sans. Ubah ukurannya menjadi 9pt. Pada judul, ubahlah ke font yang sama namun berikan setting yang sama untuk sementara.

Langkah 5 

Agar tabel terlihat elegan dan tidak terlihat sempit, kita perlu mengubah lebar tabel. Cara tercepat, kita bisa lakukan dengan menarik sisi pojok kanan bawah dengan Type Tool.
Tarik sisi pojok kanan bawah tabel ke arah pojok bawah

Langkah 6

Tabel dengan garis-garis pembatas yang terlalu banyak membuat tabel terlihat standar dan kuno.Kita perlu mengkreasikannya agar terlihat lebih fresh. Hilangkan garis-garis tersebut dengan cara menseleksi semua sel tabel dengan Type Tool. Kemudian pilih Table> Cell Options> Strokes and Fills.
Pada tab Strokes and Fills, ubahlah nilai Weight menjadi 0. Dengan mencentang kotak Preview pada bagian kiri bawah, kamu bisa melihat garis-garis tabel telah hilang.
Klik OK untuk melihat tampilan tabel.

Langkah 7

Kita akan mengkreasikan tabel dengan pewarnaan yang saling berganti antar baris. Klik salah satu sel tabel dengan Type Tool kini pilih Table> Table Options> Alternating Fills

Pada Alternating Pattern pilih Every Other Row, pada Color, pilihlah warna sesukamu, kemudian pada Skip First, ganti menjadi 1 Rows, ini untuk menghindari baris pertama yang berfungsi sebagai kepala tabel mengikuti setting pola warna isi tabel. Klik OK jika sudah terlihat bagus.

Langkah 8

Kita tambahkan garis pembatas antara teks judul, tabel, dan ruang di bawah tabel dengan garis sederhana di sisi atas dan bawah tabel. Caranya seleksi baris tabel yang paling atas, kemudian pilih Table> Cell Options> Strokes and Fills
Pada Cell Stroke, karena kita hanya akan membuat garis pada bagian atas sel tabel, maka hilangkan garis-garis biru yang tidak perlu kita gunakan dan sisakan garis yang paling atas saja untuk kita setting. Berikan Weight 1pt dan warna yang sama dengan warna kamu pakai untuk isi tabel. Dalam contoh saya menggunakan warna Hijau.
Hilangkan garis-garis biru lainnya selain yang paling atas

Lakukan cara yang sama dengan sel paling bawah, perbedaanya, pada Cell Stroke settinglah garis yang paling bawah saja. Kalau sudah benar, hasilnya akan seperti di bawah ini.

Langkah 9

Tulisan pada tabel terlihat terlalu ke sisi masing-masing sel, kita perlu merapikannya agar terlihat lebih ke tengah-tengah. Seleksilah semua tulisan pada tabel dengan Type Tool kemudia pada menu paling atas pilihlah Align Center.

Langkah 10

Pada kolom "Perusahaan", supaya tulisannya tidak terlalu ke sisi kiri, seleksi hanya kolom tersebut dengan Type Tool, dan pilih Align Center.

Langkah 11

Berikanlah sedikit pembeda antar tulisan supaya mudah dibaca. Pertama ubahlah tulisan pada kepala tabel menjadi bold. Caranya seleksi baris pertama pada tabel kemudian pilih bold.

Rapikanlah tulisan pada baris pertama supaya terlihat konsisten seperti di bawah ini.

Terkadang ketika kamu menekan Enter untuk menurunkan tulisan, ada ruang yang terlalu longgar antara tulisan, itu adalah setting Space After bawaan Microsoft Word sebelumnya. Caranya seleksi saja tulisan yang berjarak tersebut dan ubah saja nilai Space After menjadi 0 seperti gambar di bawah.

Langkah 12

Selanjutnya kamu bisa mengatur detail-detail lainnya untuk menyempurnakan desain secara keseluruhan. Bahkan kamu juga bisa mengkreasikan secara lanjut tabel tersebut sesuai keinginanmu.
Berikut adalah kreasi yang bisa kamu kembangkan berdasarkan langkah-langkah diatas.

Hasil kreasi sesuai tutorial diatas dengan variasi Alternating Pattern Every Other Row
pada isi tabel.
Berbeda dengan yang diatas, kreasi tabel ini menggunakan variasi Stroke
pada menu Table> Cell Options> Strokes and Fill

Kreasi lebih lanjut dengan menggunakan overlay bentuk kotak pada salah satu kolom.
Bisa juga dibuat dengan memanfaatkan Cell Style dan Table Style.
Selamat Berkreasi!
Previous Post Next Post